Berita

Kamis, 22 September 2022 15:12

TRACER STUDY TAHUN 2022 PUSAT KARIR DAN INFORMASI KERJA POLITEKNIK BAUBAU

Nilai butir ini
(0 pemilihan)

BAUBAU - Pelacakan alumni atau disebut juga sebagai survei alumni atau tracer study adalah kegiatan pencarian informasi terhadap alumni mengenai kompetensi yang dibutuhkan stakeholder sebagai bahan untuk perbaikan proses pendidikan di Politeknik Baubau yang akan datang. Dengan demikian, Politeknik Baubau memiliki database mengenai profil lulusannya berdasarkan tahun kelulusannya, evaluasi terhadap relevansi dunia kerja dan juga sebagai perbaikan kurikulum bagi setiap program studi yang ada.

Dibuka oleh direktur Politek Baubau, Asriadi. SKM., M.Kes didampingi Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dra. P. Lelawatty, M.Si serta Kepala Unit Pusat Karir dan Informasi Kerja Politeknik Baubau La Jejen, S.Sos., M.M. Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Baubau memberikan apresiasi kepada kepada unit terkait atas keberhasilannya masuk sebagai 25 besar PTS Tingkat Politeknik se-Indonesia untuk tracer study. Harapan kedepannya semoga prestasi ini harus lebih ditingkatkan lagi dengan lebih membuka lebih banyak ruang informasi kepada alumni serta pengawalan kurikulum yang berbasis kompetensi Pendidikan vokasi yang sejalan dengan permintaan pasar kerja diera digital sekarang ini.

Hasil Tracer Studi Tahun 2022 untuk kohor lulusan tahun 2020 oleh KepaLa Pusat Karir dan Informasi Kerja ini memaparkan data-data yang telah diolah dan ditampilkan menjadi informasi dalam bentuk diagram grafis dan persentasi capaian yang diantaranya memaparkan kompetensi alumni, interval masa transisi alumni ke dunia kerja, kesesuaian ilmu dengan bidang pekerjaan hingga tinggi rendahnya pendapatan alumni terhadap pekerjaan mereka termasuk data mengenai cara alumni mendapatkan pekerjaan.




Tracer study Politeknik Baubau Tahun 2022 dengan populasi lulusan tahun 2020 sebanyak total 158 dan yang bersedia mengisi kuesioner sebanyak 89 responden atau dengan jumlah response rate sebesar 78,76%. Karakteristik alumni Politeknik Baubau lulusan tahun 2020 sebagian besar bekerja di tingkat lokal sebesar 86%, tingkat nasional sebesar 11%, dan tingkat internasional/ multinasional sebesar 2% dengan gaji rata-rata sebesar 1,3 juta. Masa tunggu lulusan rata-rata adalah 4,5 bulan. Pencarian kerja yang dilakukan alumni sebesar 28% melalui relasi dan 20% melamar kepurusahaan tanpa mengetahui lowongan yang ada, dengan rata-rata mengirim lamaran sebanyak 2 perusahaan. Sedangkan dari segi kesesuaian pekerjaan dengan bidang ilmu lulusan sebesar 76% sudah selaras.

“Penilaian alumni mengenai kontribusi Politeknik Baubau dalam membentuk kompetensi alumni secara keseluruhan pada kategori sedang yaitu sebesar 33,3%. Jenis kompetensi tertinggi yaitu pada kompetensi Etika dengan nilai 30%, sedangkan jenis kompetensi terendah pada kemampuan bahasa inggris dengan nilai 63% dan keterampilan teknologi Informasi dengan nilai 33%.” Jelas La Jejen berdasarkan persentasi laporannnya.



Diakhir sesi diskusi dan tanya jawab, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menambahkan bahwa aspek pembelajaran prodi dilingkungan Politeknik Baubau harus dibangun secara bersama-sama dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan riset. “Kontribusi Politeknik Baubau dalam pembentukan kompetensi lulusan perlu mendapat perhatian, terkhusus pada kemampuan soft skill termasuk pelatihan karir dan tes rekruitmen” Jelas Ibu Lela. “Perlu dukungan dan sinergi program studi dalam melakukan sosialisasi kegiatan tracer study kepada mahasiswa sejak awal, sehingga saat mereka lulus nanti, mereka juga mengetahui kewajiabannya sebagai alumni untuk berpartisipasi dalam tracer study.
(UKM LIterasi Media dan Informasi)

Baca 166 kali

Hubungi Kami

Kampus Politeknik Baubau

Kantor : Jl. Lakarambau Kec. Betoambari, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia

Tlp : (0402) 2823600

Fax : (0402)2823600

Email: info[at]poltekbaubau.ac.id

Peta Lokasi Kampus

© 2021 Politeknik Baubau. All Rights Reserved.
Web Support

Pencarian