Berita

Kamis, 01 Oktober 2020 11:09

Ditjen Vokasi Gelar Uji Publik Permendikbud Pendidikan Vokasi

Nilai butir ini
(1 Pilih)
KAMIS, 01 OKT 2020 | 08:41:17 WITA - OLEH UPT-TIK POLITEKNIK BAUBAU
Ditjen Diksi - Berlokasi di Karawang, Jawa Barat, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menyelenggarakan uji publik rancangan Permendikbud tentang pendidikan vokasi. Gelaran yang berlangsung pada 28-30 September 2020 tersebut bertujuan untuk memperoleh berbagai informasi dan masukan bagi penyempurnaan rancangan Permendikbud, serta menyelaraskannya agar tidak bertentangan dengan undangan yang sederajat atau lebih tinggi. Para peserta kegiatan tersebut terdiri dari perwakilan sekolah menengah kejuruan (SMK), perguruan tinggi vokasi, lembaga kursus dan keterampilan (LKP), industri, serta dinas pendidikan terkait.
Dalam arahannya, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto turut berterima kasih atas Partisipan yang hadir untuk bersama-sama berkontribusi terhadap pendidikan vokasi Tanah Air, terutama tentang pembahasan rancangan Permendikbud. “Perjalanan rancangan Permendikbud ini berlangsung sejak Februari lalu. Hampir seminggu dua kali kami membahas materi ini, ”tuturnya.
Wikan menjelaskan, empat direktorat di bawah naungan Ditjen Pendidikan Vokasi, yakni Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Direktorat Kursus dan Pelatihan, serta Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, semuanya bernapaskan “ link and match ”. “Kurikulum disusun bersama, tak hanya hard skill , tapi soft skill dan karakter. Ini yang menempatkan dalam napas Permendikbud, yakni mendorong terwujudnya pernikahan massal, ”terangnya.
Diketahui, materi muatan yang dirancang Permendikbud yang akan dibahas bersama tersebut terdiri dari 9 bab dan 55 pasal. Isu pokok yang mencakup tata kelola dan pengelolaan pendidikan vokasi (pengaturan LPK, SMK, dan PT vokasi) serta optimalisasi sinergi IDUKA yang terdiri atas penyusunan standar kompetensi lulusan dan kurikulum, berbagi sumber daya (pendidik, sarana dan prasarana), penjaminan mutu, dan komitmen serapan lulusan.
“ Output yang kami harapkan dengan Permendikbud ini adalah lulusan yang kompeten. Kurikulum harus fleksibel, jangan kaku, ”tegas Wikan.
Wikan pun kembali ke sekolah agar dosen dan guru pendidikan vokasi harus berani melakukan “ link & match ”. Terlebih, program tersebut juga telah mengantongi persetujuan DPR dan Bappenas dengan dukungan dana yang begitu besar.
“Oleh karena itu, kami mohon bantuan berbagi belajar dan membangun pendidikan vokasi. Akan banyak lompatan besar bagi Permendikbud. Semoga lulusan vokasi menjadi pemimpin yang baik untuk masa depan, ”harap Wikan.
Rencananya, dalam kegiatan tiga hari tersebut akan diisi oleh paparan arah kebijakan pengaturan Permendikbud oleh direktur di lingkungan Ditjen Pendidikan Vokasi, serta diskusi kelompok untuk menyampaikan dan masukan dari peserta yang hadir.
 
Baca 84 kali

Hubungi Kami

Kampus Politeknik Baubau

Kantor : Jl. Lakarambau Kec. Betoambari, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia

Tlp : (0402) 2823600

Fax : (0402)2823600

Email: info[at]poltekbaubau.ac.id

Peta Lokasi Kampus

© 2018 Politeknik Baubau. All Rights Reserved.
Web Support

Pencarian